21 BULAN
CAMPING PIJAR
Sejak memutuskan untuk mulai homeschooling twins, saya berjejaring mencari komunitas homeschooling terdekat. Komunitas yg saya ikuti ada dua : OASE (homeschooling Jakarta, ketemu setiap hari Rabu di daerah Cipinang, dicetus oleh Mas Aar dan Mbak Lala dari rumahinspirasi.com), lalu PIJAR (homeschooling Tang-Sel, ketemu setiap hari Senin di Neo Bintaro yg merupakan rumah pribadi Mbak Dian Novi, salah satu dedengkot PIJAR).
Untuk PIJAR selain bergabung di fanpage FB nya, saya juga join di grup whatsapp nya supaya lebih update informasi2 pertemuan dan acara2 komunitas2 lain. Sedangkan untuk OASE, saya cukup menerima informasi dari FB, berhubung tempat kumpul nya jauh dari rumah dan aktivitas nya lebih banyak untuk anak umur SD keatas. PIJAR juga sih, mostly kegiatannya untuk anak2 SD ke atas, tapi di beberapa Senin saya tetap hadir kumpul untuk ajak twins ‘ngerecokin’ kakak2nya bermain. Hehe :p
Agustus kemarin saya ikutan camping FESPER 2015, dan kali ini ikut camping lagi yg diadakan oleh PIJAR. Karena tempat nya berbeda dan dekat, maka nya saya tertarik. Kali ini mengambil tempat di Edu Eco Tourism Sentul (daerah Gn. Pancar) hanya 1 jam dari Ciputat dengan kepadatan kendaraan di hari Sabtu. Kenapa PIJAR memutuskan camping disini? Pertama karena Cibodas Golf Park yg kebanyakan orang2 camping lokasi nya terlalu jauh (2 jam kalau macet di Pasar Cianjur), panitia juga mostly Ibu2, dan gak ada kali besar yg jarak nya dekat dari tenda. Tapi, minus nya di Eco Edu Sentul adalah jalan dari parkiran mobil ke tenda lumayan melelahkan.. walaupun udah ambil shortcut, kalo sambil gendong twins dan bawa barang2 yaa.. lumayan bikin megap2 juga. Dan jalan menuju ke Eco Edu dari jalan raya nya terjal banget.. sempet deg deg ser waktu turunan dan juga nanjak pas pulang.. tapi Alhamdulillah lancar terlewati. Ada abang2 setempat yg nawarin untuk disetirin nanjak kok.. jd moms yg mungkin ragu bisa minta tolong mereka dan kasih duit seikhlas nya.

jembatan goyang penghubung parkiran dan lokasi Eco Edu
Kami sampai tenda jam 1 siang, langsung taro2 barang dan set-up kasur angin, lalu suapin anak2 makan siang. Untuk makan siang pertama, kami diharuskan bawa makanan sendiri… jadi sambil suapin anak2 kami juga sekalian makan macaroni schootel yg sudah dimasak Yanti (babysitter) dari rumah. Setelah Zuhur dan leha2, panitia meminta kami kumpul di aula untuk perkenalan. Ada 1 keluarga yg berasal dari Bandung (bukan member PIJAR) sampai bela2in ikut lhoo. Selain kenalan sesama peserta camping, kami kedatangan tamu dari komunitas pencinta reptil cabang Depok, namanya Mas Suluh. Dia mengenalkan 1 ekor ular sanca peliharannya yg berusia 5 tahun dan 1 ekor biawak, namanya Baron dan Darma. Mas Suluh menjelaskan banyak hal tentang reptil, dan kakak2 antusias mendengarkan, pegang2 Baron & Darma, bertanya ini itu. Ibu2 nya? Duduk manis aja di pojokan2 aula.. gelii mau deket ular sama biawak nya ragu2. Hahahaha.


Twins sempat mendengarkan namun ke-distract waktu lihat ada kakak yg main badminton. Seperti biasa nya mereka penasaran, mendatangi kakak2 tersebut dan minta pinjam raket serta cock nya.

Setelah selesai sesi perkenalan, kami kembali ke tenda untuk solat Asar. Sebelum nya saya menyusui Kalyla di atas hammock. Nikmaat banget.. diayun2, semilir2 angin, sambil menatap pepohonan pinus. Pemandangan yg langka saat menyusui 😀 Namun ketika baru mau merem, rintik hujan mulai berjatuhan.. Alhamdulillah hujan! Saya kembali ke tenda dan lanjut menyusui Malika sambil mendengarkan tetesan hujan dari dalam tenda. I love it! Namun kenikmatan tersebut mulai terganggu ketika air hujan mulai memasuki tenda kami. Rupanya tenda yg kami tempati adalah tenda single deck, padahal seharusnya untuk musim hujan seperti ini dipasang yg double deck.. jadi hujan gak tampias dan air juga gak rembes ke lapisan dalam tenda. Panci, rainboots twins, baskom.. semua dikerahkan untuk menadah hujan. Saat panik krn wadah mulai penuh namun hujan sepertinya malah makin deras, saya mulai chat di grup camping untuk mengabari.. rupanya ada beberapa tenda yg senasib seperti saya. Hahahah. Ternyata pihak eco edu juga melempar sewa tenda ke pihak lain dan mereka baru tahu kalau tidak semuanya dipasangkan double deck tent.

Ah well.. sambil menunggu hujan reda, karena dingin dan rasa ingin mengunyah muncul, saya minta Yanti untuk masak indomie. Mumpung Malika masih bobok dan Kalyla lg anteng youtube-an.. kami menikmati hujan sambil ng-Indomie. Aaah.. nikmat Tuhan mana lagi yg kau dustakan? :p

1,5 jam berlalu dan hujan mulai berhenti, kami keluar dari tenda pindah sementara ke aula karena pihak eco edu mau bertanggung jawab untuk membersihkan genangan air di dalam tenda. Mereka juga memberikan bonus matras tipis untuk menutupi bagian lantai tenda yg basah. Good. Semoga kalaupun hujan lagi, tidak sederas sore tadi.
Pe-er banget lagi adalah tiba2 air mati ketika jam mandi sore. Untungnya twins sempat mandi dengan air dari ember yg sempat terisi walaupun hanya dapat beberapa kurang lebih 8 gayung.. tapi cukup. Kami yg dewasa harus menunggu sampai lepas magrib, baru bisa mandi, itupun airnya keruh karena tadahan air hujan yg tadi sore.
Selesai makan malam dan mandi, kami menuju lapangan untuk acara api unggun. Sepertinya ini api unggun kedua saya setelah entah berapa belas tahun lalu saya api unggun. Waktu FESPER tidak sempat ikut api unggun karena hujan dan ketika dimulai, twins sudah ngantuk dan mulai rewel minta nenen. Asik banget yaa.. api unggun ditemani jagung, kacang, ubi rebus, teh kopi hangat.

Keesokan hari nya, kami turun ke kali, main air, dan sekalian mandi disana. Happyyy bgt bocah walaupun ‘on’ nya lama karena bangun tidur gak lama langsung diajak turun sungai. hehe. love it!


Setelah merasakan camping 2x, jadi addict camping lagi. Tapi selanjutnya cobain ditempat yg berbeda lagi.. hmm… Cikole sounds good! 🙂
PERIHAL MENYAPIH. ewk.. FAILED lagi! :p
Dari yg awal nya mau sapih di umur 18 bulan, lalu mundur 21 bulan.. namun ternyata Ibu belum siap mental untuk menyapih twins. Semakin niat nyapih kok malah makin sering mereka minta nenen ya? Pernah sekali Kalyla kebangun malem2.. otomatis Ibu langsung ikut bangun dan nawarin nenen sebelum dia mewek nyariin dan malah bangunin Malika. Tapi tumben malam itu, dia hanya kebangun, liatin nenen Ibu.. terus malah pilih tiduran di sebelah bapake. Haduh.. rasanya hancur hati ku.. merasa tidak dipilih dan dibutuhin.. lebay ya? iya banget.. hahahaha.. tapi itu yg dirasakan.. Nah.. belom siap nya Ibu ya mungkin menghadapi perasaan ini ya. Stralah… biarkan nanti tunggu waktunya saja anak2 siap dan Ibu juga siap.. semoga tidak lebih dari usia anak 2.5 tahun ya.
LIBURAN KE JOGJA DAN BALI
Dalam rangka menghadiri pernikahan Om nya si kembar, kami sekeluarga alaium gambreng terbang ke Jogja. Padahal rencana awal mau road trip ya, tapi sayang sekali Oma posesif ngotot melarang kita road trip karena khawatir anak2 capek. Yasudah.. setelah dipikir2 bener juga sik.. bisa tepos pantat emak sepanjang jalan nenenin.. tidur.. nenenin lagi. hahahah. Mungkin kalo sudah lepas nenen, akan lebih mudah ya.
Anyway, perjalan berangkat berlangsung smooth.. gak pake delay (ya iyalah wong first flight), gak pake mewek2 juga di pesawat. Sampai Jogja kita langsung sowan ke tempat rumah mertua ku di Pogung. Selesai tegur sapa dengan famili dr penjuru Jawa dan Sumatra yg mulai berdatangan, kami check in di tempat menginap pilihan suami “The Kharma Villa”. Lokasi nya persis di belakang Hotel Hyatt, venue pernikahan adik ipar ku. Jadi gak repot bolak balik dan harga nya pun sama dengan booking 3 kamar di Hyatt. Tapi lebih spacious dan ada private pool nya pula. Acara Sebelnya pas acara ini, Ibu sakit perut gara2 makan gudeg. Jadi kurang khidmat mengikuti rentetan acara karena harus bolak balik WC dan badan lemes. Belom lagi Kalyla yg gak berhenti2 lari2 didepan rumah.. capek boook ngejarinnya.. karena khawatir banyak motor seliweran.. hahaha. Setelah akhirnya dia lelah dan ngantuk, pas acara selesai dan kita pamit balik ke villa.
10 Oktober ini sepertinya memang lagi banyak event di Jogja, dari yg konser jazz dan acara2 pernikahan juga dimana2. Banyak bus2 bertuliskan keluarga CPP X, CPW Y.. jalanan pun menurut make up artist yg aku panggil ke villa maceet dimana2. Acara akad berlangsung pagi hari dan resepsi nya malam hari. All went well.. sampai akhirnya tiba lah jam resepsi.. jam 7 malam dong ya.. jam twins bobok. Kebayang ya bok.. pake baju pesta ribet2.. dendong.. plus harus meladeni 2 bocah yg rewel krn ngantuk. Dua dua nya mau nya digendong Ibu! jadi yaa foto keluarga di pelaminan, begini deh jadi nya.. Ibu harus gendong bocah 12kg dan 10 kg plus senyum simpul plus nahan berat.. pas di jepret.. melorooot bocah nya. 😀

Selesai dr acara resepsi, hari Minggu pagi nya kita goler goler di villa sebelum check out dan pindah hotel. Tentunya menikmati fasilitas ya krn dr kmrn sibuk acara gak sempet bernang. Selesai bernang2, karena weekend jadwal painting, kita painting juga dong. Nahh sorenya, sepupu nya twins yg memang tinggal di Semarang dan lagi main ke Jogja krn ada sodara nya yg nikahan juga, lagi ulang tahun yg pertama. Tema nya pink flamingo! Pada betah banget ya tidur2an di ban renang besar bentuk flamingo.. emak nya aja yg ketar ketir takut kempes karena harus menampung 3 manusia yg kalo ditotal 100kg beratnya. hahahah. It was a very fun afternoon.


Keesokan hari nya, kita first flight lagi menuju Bali. Sampai di Bali, seusai sarapan, kita langsung menuju Bali Zoo. Nothing much to tell sih disini, aku pilih kesini karena penasaran belum pernah. Hewan2 nya tidak sebanyak Bali Safari.. well maintained. Tapi ya that’s it. 🙂
Hari pertama menginap di Dura Villa.. sembari ngecek keadaan villa kita dan cobain sofa lounge baru :p banyakan goler2 nya sih disin mah.. gak ngapa2in krn males kemana2 juga.. mau santai2 sama twins.

Lalu keesokan hari nya pindah ke Karma Kandara di Pecatu. View nya memang bagus banget ya dr main pool nya.. tapi ntuk servis.. mereka kurang deh.. masih oke-an Dura Villa (yaaah.. dia jualan :p ) but seriously, untuk harga segitu… masa kita disuruh nunggu lumayan lama waktu check in karena kamar nya belum siap. Padahal kita dateng jam 4 lho.. dan check in time kan jam 2. Well, dapet free drink di cafe nya tapi tetep lah.. gak worth. Belom lagi villa kita sempat dikunjungi 12 ekor monyet yg serem2 banget dan ngambilin stok makan kita plus ngempesin ban renang anak2. Kebetulan saat itu kita lagi ke pantai dan Mama ku sendirian di kamar. Kebayang dooong paniknya kayak apa ya si Mamah sendirian dan dikunjungi 12 monyet tersebut. Memang ada notice kecil di meja makan.. dan kita tidak ada yg baca. Tapi harusnya mereka inform juga ya pas check in kalo harus selalu menutup kamar.

Terus di saat kita menginap, lift menuju pantai juga sedang rusak. Jadi kita harus pindah dulu ke Finns Beach Club dengan mobil dan tangganya disana lebih banyak.. (capeeek… sambil gendong bayi kan). Untung nya di hari terakhir lift nya sudah bener, jadi masih sempet cobain lift nya Karma dan menikmati indah nya Karma Beach. I personally like Karma beach than Finns ya. Selain tidak harus naik turun tangga lagi setelah keluar lift dan menuju lift, tempat nya juga gak se-panas Finns.

anytime anywhere nenen ( @ Finns Beach Club)

onti Rimas & Malika main pasir di Karma Beach
Jadi kalo ditanya score Karma, I’d give 7 for service and its remote location (supir uber banyakan nolak nya kalo suruh jemput disini), 8 for the pool. room, lift, beach, f&b, dan 5 for the monkeys! After all, kids were so happy. 🙂










































